Basah Kuyup di Jumat yang Basah

Hujan lagi hujan lagi. Apakah langit pun bersedih? Seperti sedihnya hati gue? Dengan buruknya nasib gue? Lapernya perut gue? Ah, ya sudahlah.

Ada yang mau tau kenapa gue bersedih?
Ya, benar. Gue kehujanan. Apalagi yang menyebabkan gue basah selain air hujan.

Keluar dari sekolah memang langit sudah mendung, malahan udah gerimis. Tapi gue gak menghiraukan itu. Gue keluar dari sekolah seperti biasa.

Gue nyariin temen gue yang biasa pulang bareng sama gue. Namanya Entong. Entong memang teman seperjuangan gue dari pertama kali masuk SMP. Rumah gue gak terlalu jauh sama rumah Entong, dan juga searah kalo pulang, makanya itu gue pulang bareng terus sama dia.

Karena hari ini hari Jumat, gue nanya ke Entong apakah dia mau sholat Jumat hari ini. Tapi dia masih belum bisa memutuskan.

Ya udah, gue terdiam aja di sudut sebuah mobil angkutan penumpang (yang pasti bukan barang). Gue mau memikirkan seseorang, tapi gue bingung entah siapa yang harus gue pikirkan. Masa, gue mikirin si Entong kapan dia diculik, kan gak mungkin. Gue mau berpikir tentang orang yang gue suka, buat apa? Emangnya dia juga lagi mikirin gue? Belum tentu.

Setelah lama gue berpikir untuk memikirkan apa yang harus gue pikirkan, sebuah masjid sudah dekat dengan kita. Gue nanya lagi ke Entong, "Tong, lu sholat Jumat gak?" "enggak ah, Ham, udah mau hujan tuh, gua sholat di rumah aja" kata dia. Gue berpikir *lho* kok sholat Jumat dirumah? Gue bilang lagi ke Entong "Kalo gue juga sholat Jumat di rumah, gue takut Tong, takutnya karena sholat Jumat kan sholat wajib Tong" "eh, iya deh, Ham, gue sholat Jumat" jawab dia karena labil. Dasar remaja.

Gue berhentiin tuh mobil (hebatkan gue?) gue bilang aja, "bang, kiri!" eh, dia berenti. Gue sama Entong turun di depan masjid, duduk sebentar untuk membuka sepatu, dan bergegas ke tempat wudu.
Kita mencari tempat sholatnya yang di luar aja, biar paling dulu keluarnya. Tapi resikonya di luar, kalo ujan, ya kebasahan tuh. Tapi, untungnya tadi cuma gerimis yang terjadi.

Khotib berkhotbah dengan lamanya, suaranya juga seperti pendemo yang meminta haknya. Tapi, walau bagaimanapun kita harus mendengarkan isinya.

Akhirnya khotbah selesai juga dan sholat Jumat dimulai.

Sholat Jumat cuma beberapa menit. Dan setelah itu gue sama Entong pulang naik angkot. Di angkot sepi banget, tapi mendingan begini dari pada kemarin, satu angkot isinya 'ibu-ibu sama mbak-mbak gosip'. Itu ramenya luar biasa, apalagi pembicaraan mbak-mbak gosip. Kayak gak tau malu; ngomongin orang suaranya kenceng banget. Ya, namanya juga mbak-mbak gosip.

Selepas dari itu semua, si Entong udah sampe di depan jalan menuju rumahnya dan dia pamitan sama gue "Ham, duluan ya." Seketika itu juga, angkot berhenti dan si Entong menuruninya.

Beberapa meter kemudian, gue menyuruh supir angkot memberhentikan mobilnya di depan jalan menuju rumah gue dan gue juga menuruni angkot. Pas di situ hujan belum turun, tapi gue jalan dengan terburu-buru karena pasti hujan akan secepatnya turun. Ternyata dugaan gue benar, hujan turun dengan cara keroyokan dan gue menepi di depan sebuah warnet. Gue pengen nelpon orang di rumah pulsa gue gak cukup ya udah gue menyimpan hape gue di dalam map plastik yang ada di tas gue. Lalu gue melanjutkan perjalanan kaki gue karena hujannya agak mereda. Hujan tersebut menderas lagi dan gue berlari dengan kecepatan lebih dari 100km/jam (buset, cepet amat). Hahaha, yang pasti gak mungkinlah.

Secepat apapun gue berlari, tetep aja sampe di rumah semua pakaian gue kuyup juga.
 Itu baju sama celana basah, liat aja celananya jadi item

Beruntung, buku-buku di dalam tas gue gak pada basah. Yang basah cuma tas gue dan pakaian gue itu.

Pesan : Sholat Jumat itu wajib, jangan ditinggalin.
             Kalo di angkot jangan berisik.
             Kalo musim hujan jangan lupa bawa payung dan jangan lupa isi pulsa!

Comments

Popular posts from this blog

Kenangan

Jangan Ganggu Banci