Mencolong, Menyolong atau Menolong?

Kalo ngomongin kenakalan, gue juga pernah nakal lho (sebenernya juga sering sih-_-*). Kenakalan gue ini berkaitan dengan pencurian dan bales dendam. Tapi gue baru baca ternyata kenakalan gue itu bisa dikenakan hukuman pidana atas tuduhan pencurian di kalangan pelajar dengan berat hukuman yaitu kurungan setengah hari penjara dan denda seratus ribu dollar zimbabwe.

Pada waktu itu gue baru kelas 4 TK (eh, bukan) kelas 4 SD. Waktu kelas 4, setiap hari kalo ke sekolah, gue selalu bawa sepeda walaupun rumah gue gak terlalu jauh sama sekolah, sepedanya juga gak bagus bagus banget. Gak kayak sepeda sepeda jaman sekarang yang bisa dilipet-lipet terus juga muat dimasukkin ke dalem koper (gak juga deh). Kalo ada yang mau liat sepeda gue bentuknya kayak apa dateng aja ke rumah gue, kalo gak mau repot-repot dateng biar gue kasih liat aja deh. Tadaaa ini adalah sepeda gue, yang masih utuh dan tidak terawat.


Waktu itu, sepeda gue masih keren, gak sejelek yang di atas itu dan warnanya hitam, warna merah itu adalah karena gue cat ulang soalnya warna hitamnya udah mulai buluk. Dan waktu itu gue pasangin jalu di bagian belakangnya. Oh, iya, tau jalu gak? (Gue tauu *acung tangan*. Yang buat mukul paku kan??) (Itu paluu-_-'). Kalo gak tau cari aja di google. Eit gak usah, liat aja di sini

Di saat gue pulang sekolah, waktu kelas 4 gue masuk siang, dan parkiran sepeda selalu rame mirip parkiran di mall pas hari Minggu. Tapi, waktu itu ada yang buat gue jengkel (jengkel ya bukan jengkol).
Pertama waktu gue naik sepeda sepulang sekolah itu, seperti biasa aja gak ada apa apa dengan sepeda gue. Tapi, pas gue ngenjot sepeda sampe pintu gerbang sekolah, gue baru nyadar, ada yang beda dengan sepeda gue. Gak taunya, jalu yang ada di sepeda gue itu udah gak ada alias hilang alias dibetak alias dicolong sama orang yang tangannya panjang. Yang buat gue jengkel adalah, padahal jalunya itu udah gue pasang dengan sangat kenceng pakai kunci, sampe mustahil kalo dicolongnya gak pake kunci. Di dalem pikiran gue waktu itu ada dua 1) malingnya kuat 2)malingnya niat 3)malingnya bawa kunci 4)dan malingnya anak sekitar sekolah ini (kayaknya lebih dari dua, ya gak papa lah). Kenapa hal ini harus terjadi pada sepeda kesayangan gue? Kenapa gak sepeda yang lain aja? Padahal di parkiran itu sepeda gue yang paling jelek.

Keesokan harinya, di siang hari sebelum masuk ke kelas, ada temen gue yang nanya
"sepeda lu, jalunya kemana?"
"dibetak kemaren sama maling"
"wah, songong bener tuh maling. Lu mau gak punya jalu lagi?"
"MAUU, emang bagimana caranya?"
"kita betak lah punya orang di parkiran itu"
"ngapain betak punya orang, kan kita udah punya satu"
"BEGO, bukan itu, jalunya yang kita betak bukan itunya yang dibetak, entar orangnya gak punya ituan bagimana?"
Lalu, gue diajak deh belajar jadi maling sama temen gue itu dan langsung pergi ke parkiran sepeda buat mencuri jalu di sepeda dan tambahannya, kita juga nyolong tutup pentil sepeda yang warna-warni itu. Dan ini juga sebagai wujud bales dendam gue yang jalunya dicolong, tapi gue malah nyolong jalu sepeda orang yang gak bersalah -_-
Kayak gini nih, tapi waktu itu ada yang bentuknya roket

Ah, biarin, gue gak peduli, yang penting gue punya jalu lagi. Dan sekarang gue nyari sepeda yang ada jalunya dan yang gak keras dibukanya. Lalu temen gue nyari tutup pentil sepeda yang mirip kayak gambar di atas itu. Beruntung, gak ada yang liat, karena waktu itu di parkiran sepi dan yang ada cuma dua maling kecil ini.

Beruntung, semua pencurian berhasil dilaksanakan dengan sukses dan gak ada hambatan yang berarti. Hasilnya gue mendapatkan tiga buah jalu, tapi salah satunya udah jelek, dan temen gue berhasil mendapatkan lima buah tutup pentil yang keren-keren dan masih bagus semua.

Sekarang, dengan hormat gue mau minta maaf sama orang yang udah gue ambil jalunya dan sekalian juga mohon maafin temen gue juga yang nyolong bareng gue. Semoga barang yang udah dicolong sama kita berdua udah ada gantinya yang lebih bagus. Amin. Maaf ya.

Comments

Popular posts from this blog

Basah Kuyup di Jumat yang Basah

Kenangan

Jangan Ganggu Banci