Bingung Judulnya Apa

Hari ini gue menjalankan aktivitas gue kembali sebagai pelajar yang kerjaannya bukan belajar seperti biasa. Ini adalah hari Selasa, waktunya pake seragam putih biru, seragam khas anak SMP. Dengan langkah yang gagah menggoda layaknya seorang waria (gak gitu juga sih), gue memasuki ruang kelas yang agak kumuh, kotor, dekil, kumel, kucel. Kelas gue adalah kelas tersuram seSMP gue (SMP 80). Hal itu udah keliatan dari berbagai bangku dan meja siswa gak ada yang bener. Ada yang bangku kakinya cuma tiga dan kaki yang satunya lagi dibuat mainan (hadeh), ada bangku yang gak ada senderannya, mejanya coret-coretan semua (coretan gambar barangnya para lelaki), anak-anaknya hampir semuanya jorok (main upil, ingus, bersin&batuk dibesarin suaranya, lempar-lemparan suatu makanan yang lengket dan bau amis *cilor*). Dengan segala kekurangannya, bagi gue kelas ini adalah kelas yang terbaik (terserah lo pada mau bilang apa).

Balik ke cerita, pelajaran pertama di hari ini adalah pelajaran wali kelas gue tercinta, pelajaran matematika. Secara kebetulan atau tidak hari ini ada ulangan mendadak dan gue adalah orang yang paling gak siap sama ulangan itu. Ulangan harus dikerjakan di selembar LJK tapi........... gue gak punya, temen-temen gue juga pada gak punya (cuma cowoknya aja). Gurunya gak bakal ngasih soal kalo kita belom punya LJK. Yaudah, gue nitip sama temen gue yang mau beli LJK di koperasi. Tapi, apa mau dikata, koperasi gak buka, padahal tuh koperasi kalo bukanya dari pagi bakalan untung banyak dia. Gak tau karena apa, koperasi selalu buka di jam istirahat. Kata salah satu temen gue "gabut tuh ibu koperasinya"

Koperasi gak buka, soal ulangan juga gak bakal dikasih, gue harus cari jalan lain, minta LJK sama anak-anak kelas lain. Kelas yang pertama gue mintain adalah kelas yang ada di seberang kelas gue, lumayan jauh juga (gak bisa langsung nyebrang, harus muter dulu). 3 kelas gue mintain, gak ada satupun anak yang mau ngasih gue LJK (pelit atau gak punya? Kan kasian gue). Terus, gue nyebrang lagi ke arah kelas gue, minta LJK sama kelas-kelas yang ada di sebelah kelas gue. Gak ada satupun yang nanggepin kalo gue itu minta kertas ulangan (Bagi satu doang kek). Semua anak-anak kelas 9 enggak ada yang mau ngasih gue kertas ulangan. Untung masih ada anak-anak kelas 8. Ya, gue turun tangga (oh bukan tangga, ini eskalator. Ya'ilah) buat ngedatengin kelas-kelas 8. Ada salah satu temen gue yang entah gak tau malu atau gak punya sopan santun, dia minta LJK malah sambil teriak-teriak padahal ada gurunya yang lagi ngajar "WOOY, LJK BAGI WOOY!!" Untung gurunya gak peduliin. Gue kabur aja, minta sama kelas 8 yang lain.

Gue akan lewatin luasnya samudera demi ulangan matematika (lebay dah. Ya'ilah). Ada dua kelas yang gue pintain kali ini. Kelas yang pertama lagi enggak ada gurunya, gue minta aja. Eh, ada yang gue kenal, gue minta aja sama dia. Keberuntungan sekarang berpihak di gue. Gue dikasih LJK, tapi temen gue yang lain ada yang belum dapet. Tadinya gue pengen kabur aja buru buru ke kelas, tapi karena rasa solidaritas gue tinggi, gue tungguin temen-temen gue yang belum dapet. Gue bantuin minta LJK di kelas yang satunya lagi. Setelah hampir semua dimintain, akhirnya ada satu anak yang punya tiga lembar LJK. Tanpa lama-lama bilang terimakasih kita semua langsung cabut ke kelas.

Ulangan udah berjalan lima belas menit, gue dan temen-temen langsung segera meminta lembar soal dari guru. Untungnya, kita masih boleh minta soal itu. Masalah muncul lagi, penderitaan gue berlanjut, gue gak punya pensil buat ngitemin jawaban. Alhasil gue tanyain satu-satu lagi temen-temen gue ada yang punya pensil atau gak. Yang gue tanyain (1)gak ada yang punya atau (2)bisa jadi mereka pelit buat minjemin ke gue (3)atau juga mereka lagi serius seriusnya ngerjain. Ternyata opini gue yang ketiga menjadi fakta, karena gue liat sendiri mereka ngerjainnya sampe keluar asep (asap). Bukan asep nama orang) dari kepalanya, gue juga ngeliat rambut mereka mulai ditumbuhi uban saking susahnya soal matematika itu (lebay banget ya). Ada juga yang sampe kesel sambil pukul meja karena jawaban yang dia cari gak ketemu-ketemu. Yang lain pada sibuk ngerjain, tapi gue masih nyari orang yang punya kelebihan pensil. Dari pada gue belom ngerjain juga, gue ganti-gantian aja pensilnya sama yang duduk di sebelah gue. Untungnya, dia mau ganti-gantian pensilnya sama gue. Dan yang ngeselinnya, ternyata dia punya banyak pensil di tempat pensilnya (kenapa gak bilang dari tadiii?? >:O)

Satu jam empat puluh soal lebih, gak ada yang bisa nyelesain soalnya. Semua anak boleh ngumpulin apa adanya jawaban  mereka termasuk gue yang cuma bisa jawab sekitar dua puluhan soal (kalo kayak gini ngapain gue susah-susah nyari LJK sama pensil). Ya, lumayan lah bagi gue yang ikut ulangannya belakangan. Tapi, soal buat ulangan tadi boleh dibawa pulang untuk belajar buat UAS yang akan datang (UAS is coming soon).

Guru matematika gue bilang kalo kita mau dapat kesenangan, perlu ada kesusahan dulu. Termasuk tadi cara gue memulai ulangan yang gak punya LJK sama pensil. Gue harus gak boleh diam aja nungguin pensil dan LJK itu dateng sendiri, tapi gue harus berusaha mencarinya. Ternyata itu tujuannya toh.

Singkat cerita...........

Hari ini juga ada sebuah kegiatan untuk persiapan mengahadapi Ujian Nasional di tahun 2014 nanti, yaitu kegiatan Pendalaman Materi atau PM. Sebelum PM dimulai, sebagai anak soleh dan muslim yang taat (ceilah), gue harus melaksanakan kewajiban gue dulu yaitu solat zuhur bersama temen-temen gue yang masih sadar dengan kewajibannya dan juga bersama temen-temen gue yang pengen tobat karena udah kebanyakan dosa (tapi biasanya tomat *tobat maksiat*).

Abis solat zuhur, gue makan siang di kantin yang dari gue kelas 7 jenis makanan dan abang-abang makanannya itu itu aja, gak pernah ganti. Suasana kantinnya juga kayak gitu-gitu aja dari dulu, gak ada yang berubah bahkan jumlah tempat duduknya juga sama gak ada yang berkurang gak ada yang bertambah (sampe gue itungin). Tapi makanannya lumayan lah bisa ganjel perut yang dari tadi di dalemnya ada cacing yang lagi pada dangdutan sambil goyang dombret *tarik mang*

PM hari ini gurunya ngaret sekitar lima belas menit. Semua anak menghilangkan segala kejenuhannya dengan bermain sambil gila-gilaan termasuk gue. Gue sama temen-temen gue main bola pake mangga yang belom mateng hasil nyolong dari pohon mangga depan kantor guru, tapi main bolanya di depan kelas aja (yaiyalah, cuma pake mangga) biar cuma kayak gitu, mereka termasuk gue pada seneng banget sampe-sampe pada cekakakan terus perutnya mules. Kalo kebiasaan anak cewe sih sambil nungguin guru dateng ya gak lain cuma bergosip. Biasanya ngomongin "eh, si anu jadian lho, mintain PJ yuk" "eh, si anu ultah lho, mintain PU yuk" "eh, si anu udah tujuh bulan lho" spontan gue langsung nyambung "siapa yang udah tujuh bulan?? Tanggungjawab gak cowoknya?? kasian ya, udah keliatan besar belum perutnya??" dan seketika itu juga gue terdiam dan malu. Ternyata yang diceritain udah tujuh bulan itu JADIANNYA bukan hamil -_-". Di tengah kegila-gilaan itu ternyata masih ada juga yang nyempetin dirinya buat belajar, duh duh rajin banget ya. Dan itulah gambaran peristiwa sebelum PM dimulai.

Gak usah diceritain sewaktu PMnya, langsung aja ke cerita selanjutnya.

Sepulang PM biasanya gue pulang bareng sama temen gue, tapi kali ini dia enggak setia kawan (sedih). Jadinya gue cuma pulang sendiri. Untungnya, masih ada yang mau nemenin gue pulang yaitu hembusan angin yang juga menghembuskan rindangnya pepohonan hijau nan asri yang selalu menyegarkan mata (selain cewe cantik).

Setelah beberapa menit kemudian, gue sampe juga ke pinggiran jalan raya untuk gue naik angkot di sana. Banyak sih angkot yang lewat, tapi angkot yang mau biasa gue naikin lama banget datengnya. Dari kejauhan gue liat angkot gue dateng tapi.... yah, udah penuh, gak muat lagi, tapi supir angkotnya bilang "ayo dek di dalem masih lega!" dalem hati gue bilang "lega mate lu copot, bannya aja udah kempes" wkwk. Pergi juga angkot itu dan gue merelakannya, biarlah, mati satu tumbuh seribu. Akhirnya, angkot selanjutnya dateng, dan dari kejauhan juga angkot itu keliatan sepi. Setelah angkotnya udah di depan batang idung gue, tanpa banyak tanya dan juga tanpa ragu, gue langsung menaikinya dan ternyata apa yang gue liat? Ya ampun..... di pojokkan ada dua ekor banci (Ya ampun Banci, ngapain lu berkeliaran siang-siang begini?? Siapin tenaga lu buat entar malem di pangkalan!!). Setelah gue tau di pojokkan angkot ada banci, gue gak mau ngeliat lagi ke arah situ apalagi sampe face to face sama banci, ngeri dah.

Keringat dingin mulai bercucuran. Bukan apa-apa, ini banci bro. Gue takut nanti gue digodain sama mereka dan kejadian buruk menimpa gue. Apalagi gue selalu denger dari temen-temen gue kalo banci itu biasanya suka perkosa anak perjaka yang ganteng seperti gue ini hehe. Kan nanti gak lucu kalo gue masuk berita dan dibilang seorang anak SMP yang masih perjaka dan berwajah sebelas dua belas dengan orang tuanya diperkosa dua ekor banci liar di angkot. Ya Allah, lindungilah diriku ya Allah dari godaan banci yang terkutuk. Amin.

Ya ampun, bancinya belom turun juga dari angkot. Masih ketakutan aja gue, malahan penumpang yang lain udah pada turun lagi. Yang tersisa tinggal kita bertiga : seorang gue dan dua ekor banci yang duduk di pojokkan angkot dan enggak turun-turun. Beruntung, beberapa meter lagi gue sampe ke tempat tujuan dan ternyata tujuan kita itu sama. Beruntung lagi, banci itu gak melakukan suatu hal yang gue takutin dari tadi, dan gue pun selamat sampe tujuan tanpa adanya gangguan dari banci-banci liar. Gak taunya, setelah gue perhatiin, itu adalah banci pengamen yang mencari uang demi menghidupi keluarganya yang mungkin sedang menantinya di rumah dan mereka bukan banci yang sering mangkal untuk mendapatkan pelanggannya seperti yang gue ketahui dan gue khawatirkan.

Selamet juga akhirnya. Fyuh.

(cerita hari Selasa, 3 Desember 2013 yang baru di-publish sekarang)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kenangan

Basah Kuyup di Jumat yang Basah

Jangan Ganggu Banci