Waktunya Berolahraga

Gue punya seorang guru olahraga. Dia seorang Ambon, sangat jelas terlihat dari muka dan warna kulitnya. Dia adalah seorang pengajar dengan suara paling keras, bahkan satu sekolah bisa mendengar suaranya. Dia sering berteriak kata kata semangat maupun sindiran. Nama guru olahraga gue itu adalah Pak Said.

Pada suatu hari, hari itu adalah hari rabu. Gue tiba di sekolah dan bergegas belajar karena pelajaran pertama ada ulangan, yaitu ulangan IPA. Gue belajar dengan penuh konsentrasi dan berharap dapat nilai yang sempurna.

Bel masuk sudah berbunyi, sebelum memulai pelajaran, seperti biasa terlebih dulu di sekolah gue ada tadarusan alquran. Walaupun gue gak pernah bawa alquran tapi gue tetep dengerin guru yang baca alquran.

Tadarusan alquran udah selesai, guru IPA belum juga masuk. Sampai akhirnya ketua kelas datang dan mengumumkan di depan kelas bahwa guru IPAnya gak masuk. Tapi yang gue heran, kenapa gak ada yang seneng dan teriak teriak? Ternyata mereka pada kecewa. Ada yang bilang "udah belajar semaleman sampe mata gue kendor, eh guru IPAnya gak ada ,SIAL" yaudah dah daripada bengong, temen temen mulai pada ngobrol, bercanda, bahkan sampe rame.

Bel pelajaran kedua berbunyi. Pelajaran kedua adalah olahraga. Temen temen pada pergi ke kamar ganti untuk mengganti pakaian pramukanya menjadi pakaian olahraga. Di kamar ganti temen temen masih ada aja yang bercanda, hingga waktu terulur agak lama. Pak Said sang guru olahraga sudah meniupkan peluit agar kita lebih cepat mengganti pakainnya. Tapi, temen temen malah pada meledek Pak Said dengan kata kata 'EMANG GUA PIKIRIN!!'. Mereka berpikir kata kata itu gak akan terdengar oleh Pak Said.

Temen temen dan gue udah pada selesai ganti pakaiannya. Kita turun ke lapangan sekolah karena kebetulan kelas kita di atas. Baru turun dari tangga belum sampe lapangan kita udah diteriakin sama Pak Said "WOOY, BOCAH BOCAH SEPIIIIII!!" (maksud : otaknya kosong atau bahasa kasarnya bego) dengan kerasnya teriakan khas orang pesisir apalagi dia seorang Ambon. Gue pikir-pikir kayaknya ini gara gara ganti bajunya kelamaan. Kita disuruh jalan jongkok menuju Pak Said yang ada di tengah lapangan bersama dengan gerombolan anak cewek yang membentuk lingkaran. Setelah sampe ditengah lapangan, semua anak cowok harus muat masuk di dalam lingkaran yang udah dibuat dari kumpulan anak cewek. Gak taunya kita mau dan lagi dihukum.

Setelah masuk ke dalam lingkaran, semua anak cowok dan cewek jidatnya di keplak/kemplang/tampar satu satu. Ada tuh satu temen gue yang jidatnya lebar (jenong) dikemplang. Kata Pak Said enak jidatnya buat dikemplang. Dia bilang lagi kalo otaknya anak anak ini adalah otak kosong makanya dikemplangin lagi satu satu.

Semua anak pada diem, sekalinya ada yang kedengeran sama Pak Said bersuara, dikemplang lagi.

Matahari mulai merangkak naik melebihi tinggi pohon rambutan, makin siang makin panas, nikmatnya dijemur. Sampai suatu ketika ada anak kelas 8 yang bermain bola. Nah, Pak Said itu meminjam bola anak kelas 8 tersebut. Setelah dipinjamkan, Pak Said menaruh bola dihadapan lingkaran yang tersisa hanya anak cowok saja karena anak ceweknya udah disuruh menepi oleh dia. Dia berteriak dengan keras "TENDANGAN SUBASA!! HYAATT!" (ini bener lho). Bola mengenai salah satu temen gue. Udah satu aja yang kesenter. Begitupun tendangan kedua dan ketiga, ada aja salah satu temen gue yang kena. Namun, pada tendangan keempat dan seterusnya bolanya gak kena siapa siapa, bolanya melayang terus, udah gitu mulai terdengar dengus napasnya yang terengah-engah. Ada satu temen gue yang bilang "biarin aja biar dia cape sendiri". Ya iya karena bolanya gak kena siapa siapa dan dia nendang bolanya jauh terus, udah gitu dia ngambil bolanya sendiri. Parah.

Satu jam dijemur, akhirnya anak cowoknya disuruh menepi juga ketempat yang lebih adem. Kita nya udah pada kepanasan, Pak Said nya udah kecapean. Diakhir jam pelajaran dia ini, dia memberi nasihat kepada kita bahwa jangan lalai maupun terlambat lagi kalau mau ikut pelajaran olahraga. Karena pelajaran olahraga bukan hanya pelajaran untuk kesehatan tapi juga untuk melatih kedisiplinan. Sadar deh semuanya. Sebagai hukuman lanjutan kita diberi tugas untuk mempelajari materi dan praktek untuk minggu depan DAN diingatkan sekali lagi TIDAK BOLEH TERLAMBAT.

Ada kata kata lain lagi yang sering diucapkan oleh Pak Said selain | BOCAH SEPIII | yaitu :
> INGA- INGA maksud : agar kita selalu mengingat apa yang dikatakannya
> GUA PECAT LOO maksud : agar takut sama dia (tapi cuma buat bercandaan)
> GUA BACOK LOO maksud : agar lebih takut lagi (sama aja, cuma buat bercandaan).

Comments

Popular posts from this blog

Basah Kuyup di Jumat yang Basah

Kenangan

Jangan Ganggu Banci